Wednesday, November 9, 2016

PROPRSAL PEMBUATAN APLIKASI



PROPOSAL PEMBUATAN APLIKASI HaiDoctor
Diajukan Untuk Syarat Pembuatan Tugas ke2 Mata Kuliah
Pengantar Telematika





DISUSUN OLEH :
BAYU PUJA KUSUMA  (11113672)          
MUHAMMAD ANDREW A (15113612)
REVANO PUTRATAMA ( 17113463 )
SHIFA AWALIYAH (18113444)
Kelas 4KA17



FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
            Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmat, inayah, taufik dan hinayah nya sehingga kami dapat meyelesaikan penyusunan proposal ini dalam bentuk maupun isinya. Semoga proposal ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, untuk terwujudnya aplikasi yang akan kami buat.
Harapan kami semoga aplikasi yang kami buat dapat bermanfaat. Proposal ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki belum maksimal. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikam masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan proposal ini.






Depok 27 Oktober 2016




Penulis




SURAT PENAWARAN

Kepada Yth.
Bapak Budi Setiawan
Di Tempat

Dengan hormat,
Kami selaku kelompok  menawarkan aplikasi mobile HaiDoctor, dimana software ini menangani bidang kesehatan khususnya  didalam pelayanan kepada pasien yang membutuhkan pertolongan pertama maupun konsultasi dokter.

Aplikasi yang kami kembangkan mempertimbangkan bahwa kesehatan  merupakan hal yang sangat penting. Sebagai contoh didalam keadaan darurat, pasien tidak perlu mengunjungi rumah sakit melainkan  pasien dapat mengetahui lokasi dokter yang terdekat,dan dokter pun akan langsung menemui pasien tersebut.  

Melalui surat penawaran ini, kami menawarkan proposal penawaran Aplikasi HaiDoctor. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.


Hormat Kami,



  Penulis




I.                  PENDAHULUAN
      Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, banyak aplikasi mobile yang bermunculan dengan tujuan untuk membantu kehidupan manusia. Aplikasi tersebut harus memiliki kriteria seperti, mudah digunakan, desain yang menarik, dan memiliki cakupan informasi yang jelas untuk penggunanya. Rumah sakit seharusnya wajib menerapkan perkembangan ilmu dan teknologi seperti, pembuatan aplikasi layanan masyarakat khususnya di bidang kesehatan.

      Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting yang harus di jaga sebaik mungkin, apabila  masalah kesehatan ini tidak di jaga dengan baik maka hal yang akan dapat terjadi adalah kesehatan terganggu, produktivitas menurun, bahkan menyebabkan kematian. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, diperlukan juga konsultasi atau pemeriksaan rutin kepada dokter. Namun pada saat ini, banyak pasien yang membutuhkan pertolongan  pertama yang tidak terlayani dengan baik, seperti jarak yang sangat jauh untuk ke rumah sakit, tidak adanya dokter yang praktek dirumah sakit sehingga nyawa tidak tertolong pada saat keadaan darurat.

      Dengan terjadinya masalah tersebut diatas, diperlukan aplikasi yang dapat membantu pasien disaat pertolongan pertama, serta konsultasi secara tatap muka secara langsung berdasarkan lokasi dokter yang terdekat dengan pasien yang membutuhkan penanganan darurat pada pertolongan pertama. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat membantu lebih banyak pasien yang membutuhkan pertolongan pertama tanpa harus mengunjungi rumah sakit maupun tempat praktek dokter tersebut berada. Selain itu,  untuk dokter dapat membantu  lebih banyak pasien tanpa harus menunggu pasien yang datang ke rumah sakit maupun tempat praktek dokter tersebut.


II.               MAKSUD DAN TUJUAN
      Pembuatan aplikasi sebagai upaya pemanfaatan teknlogi informasi di dunia kesehatan guna membantu pasien dan dokter.
      Disamping itu juga kami sebagai mahasiswa Sistem Informasi Universitas Gunadarma ingin memberikan kontribusi yang berarti kepada masyarakat luas pada umumnya dan khususnya bagi dunia kesehatan, karena dunia kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk di jaga sebaik mungkin.
      Dengan demikian aplikasi yang kami buat nantinya diharapkan dapat menjadi contoh dan solusi yang tepat dan bermanfaat bagi dunia kesehatan dalam pemnafaatan teknologi informasi.

III.           MANFAAT
Aplikasi yang bisa kami tawarkan antara lain :
1.      Aplikasi HaiDoctor

Manfaat yang bisa diambil :
a.       Untuk pasien, memudahkan pertolongan pertama tanpa harus mengunjungi rumah sakit maupun tempat praktek dokter tersebut berada
b.      Untuk dokter, dapat membantu lebih banyak pasien tanpa harus menunggu pasien yang datang ke rumah sakit maupun  tempat praktek dokter tersebut.

IV.           PERANCANGAN
Sebelum menentukan aplikasi yang akan kami buat, berikut akan dijabarkan masing – masing pengajuan aplikasi yang telah diajukan sebelumnya :
·         Firsty Nurhafitry mengajukan “Aplikasi CamTranslate”
Berisi tentang,menghasilkan aplikasi translate bahasa dengan menggunakan camera untuk mengenali dan menerjemahkan, baik itu bahasa Indonesia dan bahasa inggris
Sumber = http://www.firstynurhafitry.blogspot.id
·         Shifa Awaliya mengajukan ”Aplikasi Mobile Banking”
Berisi tentang, aplikasi yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi secara online dan aman.
Sumber = http://www.shifaliengling.blogspot.com
·         M Andrew Aprianto mengajukan “Inovasi di Bidang Telematika Pada  E-Learning di Universitas Gunadarma”
Berisi tentang aplikasi yang memudahkan pengaksesan buku yang dilakukan secara online. Sehingga mengurangi kerusakan yang terjadi  pada buku yang akan dipinjam.
Sumber = http://www.andrewaprianto.wordpress.com
·         Bayu Puja Kusuma mengajukan “Analisa e-Agriculture atau e-Agribusiness dalam bidang Pertanian”
Sumber = http://www.bayupujakusuma.blogspot.co.id
·         Revano Putratama mengajukan ”Analisis Telematika”
Sumber = http:/www.revanopm.blogspot.co.id
Dari masing – masing pengajuan yang telah diusulkan. Maka kami membuat inovasi baru penerapan teknologi untuk layana masyarakat khusunya pada  bidang kesehatan yaitu “HaiDoctor”.

V.              SUSUNAN KEANGGOTAAN
1.      Project Manager                      : - Firsty Nurhafitry
2.      Analis                                      : - Shifa Awaliyah
3.      Desainer                                  : - Revano Putratama
4.      Programer                                : - Muhammad Andrew Aprianto
5.      Pengumpul Data                     : - Bayu Puja Kusuma




Depok, 01 November 2016



Hormat Kami,
Project Manager




Firsty Nurhafitry




VI.           TAHAP PELAKSANAN IMPLEMENTASI APLIKASI HAIDOCTOR
6.1.            Perencanaan
            Proses  perencanaan  ini  adalah  proses  pemilihan  alur  yang akan  dibuat DFD (Data Flow Diagram), .  Hal-hal  yang perlu  dilakukan  mencakup          pekerjaan pengumpulan data yang akan ditampilkan pada Aplikasi HaiDoctor            yang akan direncanakan. Data-data  yang diperoleh  kemudian dianalisa          berdasarkan  karakteristik data  dan  kebutuhan (waktu yang dibutuhkan    untuk perubahan data,  tingkat  kerumitannya).
6.2.            Pembuatan
Proses  pembuatan  Aplikasi HaiDoctor adalah  proses  pembuatan  halaman-halaman  yang  berisi data-data  yang diperoleh  dari  proses  sebelumnya.  Hal-hal  yang harus  dilakukan terutama  adalah  pengaturan  dan struktur  sistematika  dan  navigasi penyajian informasi untuk   pembuatan  program (aplikasi)  yang akan  dijalankan  di  komputer server.
6.3.            Implementasi / Penempatan
Setelah  pembuatan  selesai,  maka  konten konten  tersebut  perlu ditempatkan  pada  server  yang terhubung  . Selain itu dilakukan juga testing terhadap kelayakan Software tersebut.
6.4.            Maintenance / Perawatan
               Untuk menjamin  aktualitas  informasi  yang disajikan,  konten-konten pada                       desktop perlu  diawasi,  dikembangkan,  dan  diperbaharui  secara  berkala.                 Hal  ini diperlukan untuk mengatasi optimalisasi operasional tekhnis.











VII.       PENGERJAAN

 NO
Kerangka Kerja

Project Management
1
Inisiasi

Pendefinisian Awal

Menentukan Tim Proyek

Menentukan Anggaran

Menentukan Rencana
2
Perencanaan

Sistem Analisis

Kebutuhan Desain

Desain Sistem Fungsional

Pengembangan Level Tinggi
3
Pengembangan

Pembangunan Infrastruktur

Pengembangan Modul

Pengembangan Database
4
Pengujian

Test Plan and Scenario

Implementasi

            Pengujian Terhadap User
6
Tinjauan

Posting Pelaksanaan Tinjauan

Documentation
Tahapan pekerjaan yang akan dilalui dalam membangun Aplikasi HaiDoctor adalah sebagai berikut :

Pengerjaan Software  ini direncanakan berlansung  selama kurang lebih 3 bulan setelah semua data di terima. Asumsi yang ada adalah data telah tersedia. Rencana 1 bulan  tersebut  kami  perkirakan  setelah  dimasukkannya  kesulitan-kesulitan  yang tak terduga  seperti  keterlambatan /kekurangan data  dan  sebagainya,  jika  tidak ada kesulitan-kesulitan yang  kita  perkirakan sebelumnya Software bisa selesai sebelum waktu tersebut  berlalu.

VIII.    PENUTUP
Demikian  proposal  penawaran  ini  kami  buat.  Atas  perhatian  dan  kerjasamanya,  kami ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik disaat ini dan dimasa mendatang.



Jakarta, 27 Oktober 2016
Hormat Kami,

                                                                  Penulis







No comments:

Post a Comment