Sunday, January 1, 2017

Aplikasi Mobile HaiDoctro



PENDAHULUANPENDAHULUAN

Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, banyak aplikasi mobile yang bermunculandengantujuanuntukmembantukehidupanmanusia. Aplikasitersebutharusmemilikikriteriaseperti, mudahdigunakan, desain yang menarik, danmemilikicakupaninformasi yang jelasuntukpenggunanya. Rumahsakitseharusnyawajibmenerapkanperkembanganilmudanteknologiseperti, pembuatanaplikasilayananmasyarakatkhususnya di bidangkesehatan.


Kesehatanadalahsalahsatuhal yang paling penting yang harus di jagasebaikmungkin, apabilamasalahkesehataninitidak di jagadenganbaikmakahal yang akandapatterjadiadalahkesehatanterganggu, produktivitasmenurun, bahkanmenyebabkankematian. Selainmenjagakesehatandirisendiri, diperlukanjugakonsultasiataupemeriksaanrutinkepadadokter. Namunpadasaatini, banyakpasien yang membutuhkanpertolonganpertama yang tidakterlayanidenganbaik, sepertijarak yang sangatjauhuntukkerumahsakit, tidakadanyadokter yang praktekdirumahsakitsehingganyawatidaktertolongpadasaatkeadaandarurat.


Denganterjadinyamasalahtersebutdiatas, diperlukanaplikasi yang dapatmembantupasiendisaatpertolonganpertama, sertakonsultasisecaratatapmukasecaralangsungberdasarkanlokasidokter yang terdekatdenganpasien yang membutuhkanpenanganandaruratpadapertolonganpertama. Denganaplikasiinidiharapkandapatmembantulebihbanyakpasien yang membutuhkanpertolonganpertamatanpaharusmengunjungirumahsakitmaupuntempatpraktekdoktertersebutberada. Selainitu,

Terdapat beberapa 3 fitur Hai Doctor yang dimasukkan dalam aplikasi seperti :

§ Konsultasi

§ Darurat Doctor

§ Tips Kesehatan

Pada pengimplementasian terdapat fitur-fitur akan kegunaannya dari fitur itu sendiri kepada pengguna aplikasi seperti:

1. Konsultasi

Pada fitur Konsultasi disini penggunakan akan menikmati pelayanan berupa konsultasi langsung dengan dokter yang ahli melalui aplikasi dengan kelebihan:

Pengguna akan lebih cepat mendapatkan informasi tentang hasil konsultasi .

Lebih hemat waktu dan tenaga, karena pengguna tidak perlu datang kerumah sakit atau puskesmas melalui aplikasi ini pengguna sudah terhubung langsung dengan dokter kapan saja dan dimana saja.

Masalah pembayaran lebih pasti, pengguna tidak perlu khawatir dengan harga yang akan dibayar karena biaya konsultasi yang telah ditentukan.

2. Darurat Doctor

Hai Doctor juga memberikan pelayanan untuk keadaaan darurat yaitu memberikan Pertolongan Pertama kepada pengguna yang membutuhkan , juga memiliki kelebihan yang dimilikinya berupa:

Pengguna yang sangat membutuhkan pertolongan pertama dapat langsung bertindak sesuai dengan prosedur dokter.

Pertolongan pertama kepada pengguna lebih cepat ditangan

3. Tips Kesehatan

Pada fitur terakhir dalam aplikasi terdapat juga layanan yang memberikan seputar tips kesehatan, yang memiliki kelebihan seperti:

Informasi yang baru setiap harinya, menambah wawasan kesehatan untuk pengguna.

Informasi yang akurat dan Terpercaya.



Masalah pembayaran , pengguna tidak perlu khawatir karena tidak dikenanakan biaya.



MEKANISME KERJA




1. FRAMEWORKjQuery Mobile

jQueryMobileadalahkerangkapengembanganmoile yang kuatuntukmembangunaplikasilintas platform. jQuery Mobile mendukungberbagai platform yang berbeda, dari desktop biasa, smartphone, tablet atauperangkat e-reader seperti Nook atau Kindle. MiripdengansadaranyajQuery UI, jQuery Mobile terdiridarisejumlahkomponen UI yang support denganteknologi touch screen.



2. JARINGAN

Sebelummemulaipembuatanaplikasi android, berikutadalahhal yang harusdipersiapkanterlebihdahulu :

· Instal program pembangunaplikasi android

Aplikasi yang akandigunakanuntukmembuataplikasi android adalah Eclipse.

· Spek Minimal Komputer

Komputerdengan processor minimal corei3 atausetaranyauntuk processor merek lain dan RAM minimal 2 GB untukaplikasi eclipse.

· InstalJDkdan JRE

JDK atau Java Develpoment Kit adalahsemacamkotakperatan (kit) yang digunakanuntuk development. Jadi JDK diperlukansebagai development dalammembuataplikasi android yaitumengkompilasikode-kode java menjadiaplikasi yang berbasis java.

JRE atau Java runtime Enviromentadlaahmesin yang berfungsimenjalankanserangkaiankdoe-kode java yang dibangunmenjadiaplikasi java.

· Instal SDK Android

SDK android adalahsebagai library eulaoruntukmenjalankanaplikasi android pada computer. Instal SDK android sesuaiversiadroid yang digunakan.



3. TENAGA PELAKSANA

UntukmembuatAplikasiAndoridHaiDoctor, makadibutuhkantimpembuat yang kompetendibidangnyamasing-masing, sebagaiberikut :

1. Project Manager / Project Leader : Muhammad Andrew Aprianto

2. TenagaAhli : RevanoPutratama

3. Analis : ShifaAwaliyah

5. Support System : Bayu Puja Kusuma


No comments:

Post a Comment