TELKOMSEL
Telkomsel
adalah operator telekomunikasi seluler GSM pertama di Indonesia dengan
layanan pascabayar kartuHALO yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995.
Saham Telkomsel dimiliki oleh Telkom Indonesia sebesar
65% dan sisanya oleh Singtelsebesar 35%. Telkomsel menjadi operator seluler pertama
di Asia yang menawarkan layanan GSM prabayar.
Telkomsel mengklaim sebagai operator
telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia dengan
81,644 juta pelanggan per 31 Desember 2007 dan pangsa pasar sebesar 51% per 1 Januari 2007.Jaringan
Telkomsel telah mencakup 288 jaringanroaming internasional di 155 negara pada akhir
tahun 2007.
Telkomsel telah menjadi operator seluler
ketujuh di dunia yang mempunyai lebih dari 100 juta pelanggan dalam satu negara
per Mei 2011.[1]
Telkomsel meluncurkan secara resmi layanan
komersial mobile 4G LTE pertama di Indonesia. Layanan Telkomsel 4G LTE memiliki
kecepatan data access mencapai 36 Mbps.
Saat ini Telkomsel menggelar lebih dari
84.000 BTS yang menjangkau sekitar 98% wilayah populasi di Indonesia. Sebagai
operator selular nomor 6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pelanggan,
Telkomsel merupakan pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang
kini dipercaya melayani lebih dari 139 juta pelanggan pada tahun 2014. Dalam
upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia
memasuki era baru layanan mobile broadband, Telkomsel secara konsisten
mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba
teknologi Long Term Evolution (LTE). Kini Telkomsel mengembangkan jaringan
broadband di 100 kota besar di Indonesia. Untuk membantu pelayanan kebutuhan
pelanggan, Telkomsel kini didukung akses call center 24 jam dan 430 pusat
layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu
simPATI (prabayar), Kartu AS (prabayar), dan kartuHALO (pascabayar). Selain
itu, Telkomsel juga memiliki layanan internet
nirkabellewat jaringan telepon seluler, yaitu Telkomsel Flash.
Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1.800
MHz.
Telkomsel Poin
Program TELKOMSELpoin merupakan program
loyalitas pelanggan yang ditujukkan untuk seluruh pelanggan TELKOMSEL. Program
ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para pelanggan TELKOMSEL yang
telah setia menggunakan produk dan layanan dari TELKOMSEL.
Pelanggan Telkomsel dapat menukar poin yang
dimiliki dengan berbagai program yang ditawarkan call ke UMB *700# atau call
center 133 untuk postpaid dan 155 untuk prepaid
Bukan cuma hadiah pilihan yang bisa
dimenangkan, poin juga dapat ditukar dengan hadiah langsung berupa gratis
pulsa, gratis SMS, dan merchandise menarik, atau diskon di ratusan merchant TELKOMSEL dan dapat diikutsertakan
pada program lelang TELKOMSEL POIN. Untuk pengecekan pemenang via SMS dengan
ketik WIN kirim ke 777. SMS ke 777 dikenakan tarif normal.
GraPARI
GraPARI adalah akronim dari Graha
Pari Sraya yang dijadikan
nama pusat layanan
pelanggan Telkomsel.
Nama tersebut berasal dari bahasa Sanskerta yang
diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai tanda penghargaan atas
diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Yogyakarta. Sejak saat itu, seluruh pusat layanan pelanggan
Telkomsel ditetapkan dengan nama GraPARI Telkomsel.
Selain bertindak sebagai pusat layanan
pelanggan yang memfokuskan diri untuk melayani para pelanggannya, GraPARI juga
menyediakan penjualan produk sendiri seperti kartuHALO dan simPATI.
GraPARI tidak menjual perangkat telepon seluler kecuali
apabila ada kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket produk
Telkomsel yang tidak selalu dilakukan. Bila ada pelanggan yang ingin membeli
perangkat telepon selular terpisah dari produk Telkomsel, maka GraPARI akan
menyarankan untuk mendapatkannya di dealer resmi, toko eksklusif, maupun ritel
yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.
SUMBER
: http://id.wikipedia.org/wiki/Telkomsel
No comments:
Post a Comment